Menu
#Selamat Datang di Toko Online Degra Simba Jogja, Terbukti Terpercaya dan Amanah#

7 kelebihan Degra Simba dari produk sejenis ?

Aug
14
2016
by : admin. Posted in : Berita

degra simbaKenapa harus Degra Simba ? bukan yang lain. Ya itulah pertanyaan yang sering saya dengar dari calon konsumen kami. Apasih kelebihan Degra Simba dari produk sejenis ?

Berikut kami sampaikan tentang jawaban dari pertanyaan di atas, semoga dengan jawaban di bawah ini, anda tidak akan ragu lagi untuk menggunakan Degra Simba ini.

Pendahuluan

Limbah / sampah menjadi salah satu masalah yang rumit di daerah perkotaan karena keberadaannya yang terus menerus dan pembuangan yang sulit. Ada 2 macam limbah : yaitu limbah organik yang mudah membusuk seperti sisa sayuran, daging, daun, sampah, dan lainnya yang biasanya berasal dari limbah rumah tangga, dan limbah anorganik yang sulit diuraikan seperti kaca, logam, dan plastik. Juga sampah yang berasal dari bahan kimia dan obat-obatan.

Limbah-limbah yang berasal dari industri, rumah sakit, hotel, restauran maupun rumah tangga sampai saat ini masih menjadi suatu masalah besar khususnya di negara-negara berkembang. Limbah-limbah tersebut dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan estetika bagi kehidupan manusia sehingga diperlukan penanganan yang tepat untuk mengelola limbah tersebut.

Masalah pencemaran lingkungan kebanyakan disebabkan oleh limbah hasil pembuangan, baik limbah organik maupun limbah non-organik. Pencemaran lingkungan sebagian disebabkan oleh limbah organik yang tidak terurai dengan baik, sehingga menimbulkan masalah lingkungan seperti bau, gas beracun, hama, penyakit, dan lain-lain sebagai bentuk pencemaran lingkungan yang sebagian besar diakibatkan oleh limbah-limbah  yang tidak terurai dengan baik.

Salah satu pendekatan untuk pemecahan masalah tersebut adalah dengan pemanfaatan mikroorganisme.  Prinsip dasar dari penggunaan mikroorganisme tersebut adalah fermentasi/pembusukan, baik secara aerob ataupun anaerob.  Proses ini dipengaruihi oleh berbagai faktor antara lain : kekuatan bahan organik, BOD (Biological Oxygen Demand), oksidasi dan temperatur. Umumnya limbah-limbah industri besar diolah melalui proses areob (membutuhkan oksigen/terbuka) dan limbah-limbah rumah sakit dan rumah tangga dilakukan secara anaerob.

ITB (Institut Teknologi Bandung) melalui laboratorium PPAU (Pusat Penelitian Antar Universitas)  Ilmu Hayati bekerjasama dengan PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati  telah mengembangkan produk-produk mikroba untuk pengurai limbah yaitu Degra Simba.

Khusus untuk sampah yang berasal dari bahan organik, dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos dengan menggunakan Degra Simba. Sehingga di samping dapat mengatasi masalah sampah, juga bermanfaat di dunia pertanian.

Degra Simba juga dapat digunakan untuk mengatasi limbah rumah sakit yang berupa limbah infeksius di antaranya excreta, spesimen laboratorium, bekas balutan, dan jaringan yang busuk. Serta limbah jaringan tubuh seperti sisa amputasi, plasenta, dan sisa operasi.

Untuk limbah industri, Degra Simba dapat digunakan untuk menurunkan BOD/COD, sehingga air limbah menjadi jernih.  Degra Simba dibuat khusus untuk mengatasi berbagai permasalahan yang telah disebutkan di atas.

DEGRA SIMBA

DEGRA SIMBA adalah produk mikroba probiotik pilihan yang memiliki kemampuan untuk menguraikan limbah organik.

Beberapa jenis mikroba probiotik yang terdapat dalam DEGRA SIMBA adalah :
1.    Lactobacillus
Bakteri yang berperan dalam pemecahan glukosa, asam amino, dan asam-asam lemak.
2.    Acetobacter
Bakteri yang berperan dalam pembusukan bahan organik melalu proses fermentasi dan mempunyai kemampuan menghilangkan bau busuk pada limbah organik. Selain itu bakteri ini mengeluarkan antibiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen yang banyak menyebakan penyakit.
3.    Sacharomyces
Bakteri ini berfungsi mempercepat proses penguraian limbah melalui proses fermentasi bersama dengan Acetobacter.
4.    Bacillus
Bacillus juga menghasilkan antibiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan.

Mikroba yang dipakai adalah kelompok zimogenik, maka:
–    bau busuk hilang
–    menurunkan BOD/COD
–    menurunkan kandungan NH3, kandungan logam berat, zat padat tersuspensi
–    menetralkan pH

MANFAAT DEGRA SIMBA

Beberapa manfaat dari DEGRA SIMBA ini antara lain:

1.    MEMPERCEPAT PROSES PENGURAIAN LIMBAH ORGANIK
Di dalam DEGRA SIMBA terdapat bakteri Sacharomyces dan Acetobacter yang berperan mempercepat proses penguraian bahan organik, melalui proses fermentasi. Bakter ini sebenarnya sudah ada di alam. Namun karena jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah sampah / limbah organik yang dihasilkan oleh manusia, maka perlu ditambahkan bakteri dalm jumlah yang cukup. Dengan demikian bahan organik bisa diuraikan.

Pada umumnya bahan organik bila dibiarkan di alam akan membusuk / terurai dalam waktu 3-4 bulan bahkan lebih. Dengan bantuan mikroba probiotik yang ada di dalam DEGRA SIMBA  proses penguraian hanya membutuhkan waktu 2-3 minggu. Ini biasa dilakuikan dalam memanfaatkan sampah oragnik yang biasanya berasal dari limbah rumah tangga menjadi kompos.

DEGRA SIMBA juga sangat baik digunakan untuk limbah rumah sakit. Sehingga dengan DEGRA SIMBA proses penguraian limbah tersebut dapat dipercepat dan bau busuk yang dihasilkan oleh limbah cepat hilang sehingga tidak mencemari lingkungan. Juga bakteri patogen yang ada di dalamnya bisa diminimalkan atau ditekan pertumbuhannya.

2.    MENURUNKAN BOD DAN COD
Salah satu cara menurukan kekeruhan air limbah adalah dengan proses biologi dengan bantuan mikroba probiotik DEGRA SIMBA. Mikroba yang terkandung didalamnya akan bekerja untuk mempercepat terjadinya pengendapan dengan jalan pembentukan sludge, sehingga akan dihasilkan air olahan yang jernih dengan BOD dan COD yang rendah dan endapan lumpur aktif yang dapat digunakan untuk pengolahan limbah selanjutnya. Proses biologi yang terjadi adalah proses dekomposisi atau biokonversi mikroba.

Kebutuhan oksigen biologis atau lebih dikenal BOD (Biological Oxiygen Demand) adalah banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik dan senyawa nitrogen. Pengujian BOD adalah pengujian yang paling umum digunakan dalam pengolahan air limbah. Jika terdapat oksigen dalam jumlah yang cukup maka pembusukan biologis secara aerob dari limbah organik akan terus berlangsung sampai semua limbah terkonsumsi.

Kebutuhan oksigen kimiawi atau dikenal COD (Chemical Oxygen Demand) adalah banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi seluruh bahan organik yang mudah terurai maupun yang sukar terurai secara kimiawi dengan menggunakan oksidator kuat.

Bahan organik mudah terurai yang masuk ke lingkungan umumnya berrasal dari limbah domestik atau peukiman. Sedangkan yang sukar terurai umumnya berasal dari limbah industri, pertambangan, atau pertanian. Oleh karena itu parameter BOD merupakan indikator untuk pencemaran oleh limbah organik. Sedangkan COD merupakan indikator untuk pencemaran bahan-bahan kimia dari  limbah industri, limbah pertambangan dan pertanian.

3.    MENGHILANGKAN BAU BUSUK
Acetobakter, salah satu bakter yang ada di dalam DEGRA SIMBA, dapat menghilangkan bau yang disebabkan oleh pembusukan bahan organik. Sampah yang membusuk menghasilkan gas metan panas dan H2S yang bersifat racun dan berbau busuk. Hal ini bisa diatasi dengan bakteri Acetobacter dalam DEGRA SIMBA.

Bisa digunakan untuk mengatasi bau busuk akibat kotoran ternak, misalnya sapi, ayam, kambing, domba dan lain-lain. Hasil akan maksimal jika peternak juga menggunkan NUTRI SIMBA untuk minum ternak. Karena salah satu fungsi NUTRI SIMBA adalah untuk melancarkan pencernaan pada ternak sehingga lemak dan bahan-bahan organik alinnya diserap secara maksimal oleh tubuh ternak.  Akibatnya kotoran yang dihasilkan sudah tidak berbau karena sudah sangat sedikit kandungan lemak dan karbohidratnya.

Juga bisa digunakan pada limbah cair yang dihasilkan oleh home industri seperti pabrik tahu, pabrik tempe, dan sebagainya yang sangat potensial memnyebarkan bau busuk yang sangat mengganggu lingkungan sekitar.

4.    MENEKAN PERKEMBANGAN MIKROORGANISME PATOGEN
Limbah / sampah organik adalah sarangnya berbagai jenis bakteri patogen (bakteri merugikan) yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan DEGRA SIMBA, mikroba probiotik yang ada di dalamnya kan mengeluarkan zat antibiotik yang akan menekan pertumbuhan bakteri patogen tersebut. Dengan demikian sampah yang sangat mengganggu dan menjadi sarang penyakit dapat diminimalkan bahayanya bagi lingkungan sekitar.

5.     MEMANFAATKAN LIMBAH ORGANIK UNTUK PUPUK
Khusus untuk bahan organik seperti sisa sayur, daun, seresah,  sampah dan lain-lain biasanya banyak dihasilkan oleh rumah tangga maupun di pasar-pasar tradisional, bisa dimanfaatkan untuk jadi pupuk dengan bantuan DEGRA SIMBA. Produk yang dihasilkan berupa pupuk organik atau biasa dikenal dengan istilah kompos.
Dalam pembuatan kompos ini bisa juga bila ditambahkan juga dengan AGRI SIMBA karena di dalam AGRI SIMBA terkandung bakteri penambat nitrogen atau Azotobacter. Bakteri ini akan memfiksasi N dari udara sehingga dapat menambah jumlah N dalam kompos.

Proses dekomposisi /penguraian bahan-bahan organik menjadi kompos, dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain :
1.    Kelembaban
Kelembaban ideal antara 30-40%, dimana mikroorganisme dapat bekerja optimal pada kondisi tersebut. Kelembaban yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan mikroba probiotik tidak berkembang atau mati.
2.    Aerasi
Aerasi dapat dilakukan secara semi anaerob, biasanya dilakukan dengan cara pembalikan bahan. Hal ini sekaligus juga untuk mencampur bahan agar tercampur rata. Pembalikan bahan ini dilakukan jika kelembaban tinggi.
3.    Temperatur
Temperatur optimal sekitar 30-500C (hangat). Bila temperatur terlalu tinggi mikroba probiotik bekerja kurang efektif. Sedangkan bila temperatur terlalu rendah, maka mikroba probiotik belum dapat bekerja atau masih dalam keadaan dorman. Oleh sebab itu proses pembuatan bokashi sebaiknya di tempat yang teduh, terlindung dari sengatan sinar matahari dan hujan secara langsung.
4.    pH (keasaman)
Kisaran pH yang baik antara 6,5 –7,5 (netral)
5.    Jenis, jumlah, dan kualitas mikroorganisme
Dalam proses ini bekerja bakteri, fungi, ragi, dan actinomycetes. Semakin bertambahnya jenis atau jumlah mikroorganisme, diharapkan proses fermentasi semakin cepat dan kualitas bokashi yang dihasilkan makin bagus.
6.    Nilai C/N ratio
Semakin rendah nilai C/N bahan, waktu yang diperlukan untuk pengomposan semakin singkat.
7.    Ukuran bahan
Bahan yang berukuran lebih kecil akan lebih cepat proses pengomposannya karena semakin luas bahan yang tersentuh oleh mikroba probiotik. Untuk itu bahan organik perlu dicacah sehingga berukuran kecil. Bahan yang keras sebaiknya dicacah  ukuran 0,5 – 1 cm,s edangkan bahan yang tidak keras bisa dicacah dengan ukuran agak besar 5 cm. Pencacahan bahan yang tidak keras sebaiknya tidak terlalu kecil, karena bahan yang terlalu hancur (banyak air) kurang baik (kelembabannya tinggi).
8.    Komposisi bahan
Pengomposan dari beberapa macam bahan akan lebih baik dan lebih cepat. Pengomposan bahan organik dari tanaman akan lebih cepat bila ditambah dengan kotoran hewan. Ada juga yang menambah bahan makanan dan zat pertumbuhan yang dibutuhkan mikroorganisme sehingga selain dari bahan organik, mikroorganisme juga mendapatkan bahan tersebut dari luar.

CARA PENGGUNAAN

Berikut ini beberapa cara pemakaian DEGRA SIMBA pada :
1.    Limbah Organik Cair
•    Siramkan DEGRA SIMBA ke dalam limbah organik cair. Usahkan DEGRA SIMBA dapat bercampur merata. Bantuan pengadukan / aerator sangat diperlukan.
•    Dosis penggunaan DEGRA SIMBA 0.1 % ( 1 liter DEGRA SIMBA untuk 1 m3 limbah cair.
•    Perlu pengulangan 1-2 minggu sekali untuk meningkatkan hasil yang maksimal.

2.    Limbah Organik Padat
•    Larutkan 1 liter DEGRA SIMBA dalam 50-100 liter air.
•    Tambahkan 100 gram gula pasir / molase / gula merah. Aduk sampai larut.
•    Diamkan selama + 4 jam, dan diaduk 2-3 kali.
•    Siramkan larutan tersebut ke limbah organik padat sampai basah (tidak sampai menetes / kadar air 30%)
•    DEGRA SIMBA 1 liter untuk 1 ton limbah organik padat.
•    Pada kasus tertentu perlu pengulangan aplikasi (1-2 minggu sekali)

3.    Limbah Rumah Sakit dan Hotel
•    Ambil Degra Simba sesuai volume tempat penampungan limbah (1 L untuk 4 m kubik)
•    Aktifkan Degra Simba dengan menambahkan 1 kg gula pasir/1 L.
•    Tambahkan 20 L air
•    Aduk setiap 2 jam sekali  larutan tersebut.
•    Biarkan kurang lebih 4 – 6  jam.
•    Masukkan ke bak penampungan limbah.
•    Tutup rapat bak penampungan.
•    Dalam waktu 1 – 3 minggu volume bak sudah berkurang sampai 70 persen

4.    Kotoran Ternak
•    Aktifkan 1 liter Degra Simba dalam 50 liter air.
•    Tambahkan 100 gram gula pasir / molase
•    Aduk larutan tersebut setiap 2 jam sekali.
•    Biarkan selama 4 – 6 jam
•    Masukkan dalam sprayer
•    Semprot secara merata ke kotoran ternak
•    Dalam waktu 5 jam kotoran sudah tidak berbau

5.    Selokan dan Tempat Pembuangan Sampah.
•    Aktifkan 1 liter Degra Simba dalam 50 liter air.
•    Tambahkan 100 gram gula pasir / molase
•    Aduk larutan tersebut setiap 2 jam sekali.
•    Biarkan selama 4 – 6 jam
•    Masukkan dalam sprayer
•    Semprot secara merata ke selokan / tempat pembuangan sampah.
•    Dalam waktu + 5 jam kotoran sudah tidak berbau

6.    Septic Tank Penuh
•    Masukkan 500 ml Degra Simba ST ke dalam kloset
•    Siram air secukupnya
•    Biarkan selama 5 – 8 jam
•    WC bisa di pakai kembali
•    Dalam waktu 8 – 20 hari WC sudah terkuras
Note :  aplikasi sebaiknya pada malam hari saat tidak ada kegiatan

7.    Saluran mampat
•    Siramkan Degra Simba ST secukupnya  ke saluran lewat kloset.
•    Biarkan sekitar 5 – 8  jam
•    Dalam waktu 2 –3 hari saluran sudah lancar kembali.

8.    Kloset berbau
•    Siramkan Degra Simba ST Secukupnya.
•    Biarkan 1 hari
•    Bau sudah hilang.

Mengapa DEGRA SIMBA perlu?

Septic-Tank yang merupakan tempat penampungan bahan-bahan padat kotoran manusia (tinja) akan cepat penuh bila didalamnya tidak terjadi proses dekomposisi/penguraian oleh bakteri pengurai. Jumlah bakteri pengurai dalam Septic-Tank pada umumnya sangat kurang dibanding dengan kecepatan penumpukannya sehingga perlu ditambahkan bakteri pengurai dari luar.

Penambahan mikroba ini sangat murah bila dibandingkan dengan biaya penyedotan atau pengurasan disamping praktis, sehat dan ramah lingkungan. Bakteri pengurai tersebut akan menguraikan bahan-bahan padat yang ada pada Septic-Tank menjadi air dan sebagian gas. Air hasil penguraian akan diresap oleh tanah sedang gasnya dapat dibuang melalui cerobong tanpa menimbulkan bau.

Perlu diperhatikan jarak Septic-Tank yang berdekatan dengan sumber air minum dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti dysentri, cholera dan typus. Dengan penambahan mikroba probiotik maka bakteri patogen penyebab dysentri (Shigela Shigae, Eschericia coli, Entamoeba histolitica), cholera (Vibrio Cholerae, coliform lain) dan typus (Salmonella typhosa) dapat dikendalikan/dihilangkan.

Apa yang terkandung dalam DEGRA SIMBA?

DEGRA SIMBA mengandung bakteri pengurai:
1.  Lactobacilus, lebih berperan dalam proses pemecahan glukosa, asam amino dan asam-asam lemak.
2. Sacharomyces, berperan dalam proses peragian sehingga bahan organik lebih cepat membusuk
3. Acetobakter, disamping berperan dalam pembusukkan juga menghilangkan bau dan pengendalian mikroba patogen karena bakteri ini dapat menghasilkan antibiotik.
4. Bacillus, juga menghasilkan Antibiotik.

Apa yang membedakan bakteri pengurai dengan bakteri patogen?

Bakteri pengurai bersifat tidak beracun (aman) dan menguntungkan. Bakteri ini seperti terdapat dalam kecap, alkohol, susu dan yogurt. Sedangkan bakteri patogen bersifat racun (menyebabkan penyakit) dan merugikan.

Mengapa bakteri patogen di dalam Septic-Tank perlu dikendalikan/dihilangkan?

Karena bakteri patogen bukan hanya dapat bergerak melalui pori-pori tanah namun dapat pula bergerak melalui gas/bau dan air.

Apa saja yang dapat ditimbulkan bila air sumur tercemar resapan tinja dari Septic-Tank?

1.    Mudah terjangkit berbagai penyakit seperti disentri, cholera dan typus.
2.    Air tidak layak pakai untuk kebutuhan sehari-hari (mandi, cuci, wudlu) dan minum (berasa ambar dan bewarna).

Kapan digunakan DEGRA SIMBA?

Degra Simba digunakan tiap 3-4 bulan sekali karena kita menginginkan agar tinja padat tidak sempat meresap ke tanah (3-4 bulan merupakan waktu Septic-Tank penuh oleh tinja padat dan akan menuju daerah peresapan). Sedangkan untuk perawatan, gunakan Degra Simba setiap bulan sekali.

Apa yang menyebabkan Septic-Tank cepat penuh?
1.   Struktur tanah yang padat (pori-pori kecil) sehingga tinja sulit meresap.
2.   Naiknya permukaan air tanah akibat musim hujan.
3.  Jumlah bakteri pengurai dalam Septic-Tank pada umumnya sangat kurang dibanding dengan kecepatan penumpukannya.
4. Septic-Tank mengandung Lysol/karbol/sabun/deterjen dalam jumlah banyak sehingga bakteri pengurai dapat terbunuh.

Apakah Septic-Tank yang tidak pernah penuh, bebas dari masalah?

Tidak. Septic Tank yang tidak pernah penuh dan tidak berbau disebabkan oleh proses peresapan yang baik (dipengaruhi struktur tanah). Namun bakteri patogen yang ada tetap hidup, bebas berkeliaran dan dapat menimbulkan berbagai penyakit jika kontak dengan tubuh.

Apa yang dilakukan bakteri pengurai pada DEGRA SIMBA?

Sebelum segel botol dibuka bakteri pengurai dalam keadaan dorman (tidur). Setelah terbuka (kontak udara) bakteri tersebut mulai aktif mencari makanan dan berkembang biak. Dalam Septic-Tank bakteri pengurai akan memakan tinja dan bakteri merugikan. Bila bakteri pengurai dibiarkan lama kontak dengan udara, maka akan terkontaminasi dengan bakteri yang ada di udara, sehingga menimbulkan bau busuk dan DEGRA SIMBA tidak layak pakai lagi.

Apakah DEGRA SIMBA bisa menguraikan senyawa anorganik?

Tidak. Saluran mampat yang disebabkan senyawa anorganik (tissue, plastik, batu/tanah, karet, logam dll) tidak dapat ditanggulangi oleh DEGRA SIMBA. Hal itu bisa diatasi dengan cara pembongkaran, penyedotan atau penambahan zat kimia (soda api). Namun soda api jangan terlalu sering digunakan sebab tidak ramah lingkungan.

Seberapa besar kapasitas kerja DEGRA SIMBA?

DEGRA SIMBA dapat mengurangi sampai 80% tinja yang ada dalam Septic-Tank. Ukuran ½ DEGRA SIMBA (1 botol) digunakan untuk dua meter kubik tinja (ukuran standar Septic-Tank perumahan).

Apakah DEGRA SIMBA sama fungsinya dengan Lysol/karbol/pembunuh kuman?

Tidak. Lysol/karbol/pembunuh kuman dan sabun/deterjen tidak dapat menguraikan tinja dan justru akan membunuh bakteri pengurai sehingga Septic-Tank cepat penuh.

Apa yang menjadi kelebihan DEGRA SIMBA dibandingkan produk lain atau cara penyedotan?

1.    Lebih murah
2.    Lebih mudah/praktis, yaitu cukup dituangkan
3.    Mampu menghilangkan bau
4.    Mampu membunuh kuman penyebab disentri, kholera dan typus.
5.    Mampu menjaga kualitas air sumur dekat Septic-Tank.
6.    Spesifikasi fungsi hanya untuk menguraikan senyawa organik (tinja, sisa makanan, lemak), sehingga terhindar dari kerusakan Septic-Tank, kloset dan berbagai jenis pipa.
7.    Produk aman bila terkena kulit atau terminum. Hasil produknya ramah lingkungan, yaitu CO2 (dibuang melalui cerobong tanpa menimbulkan bau) dan H2O (diresap oleh tanah).

Bagaimana cara penggunaan DEGRA SIMBA pada Septic-Tank?

A.Penuh
–    Masukkan 500 ml DEGRA SIMBA ke dalam kloset
–    Siram air secukupnya
–    Biarkan selama 5-8 jam
–    WC bisa dipakai kembali
–    Dalam waktu 8-20 hari WC sudah terkuras.
Note: Aplikasi sebaiknya pada malam hari saat tidak ada kegiatan.
B. Saluran Mampat
–    Siramkan DEGRA SIMBA secukupnya ke saluran lewat kloset
–    Biarkan sekitar 5-8 jam
–    Dalam waktu 2-3 hari saluran sudah lancar kembali.
C. Kloset berbau
–    Siramkan DEGRA SIMBA secukupnya
–    Biarkan 1 hari
–    Bau sudah hilang.

Aplikasi DEGRA SIMBA selain untuk perumahan?

DEGRA SIMBA cocok digunakan untuk rumah sakit, hotel,  restoran, peternakan dan pabrik.

SAMPAH
Sampah menjadi salah satu masalah yang rumit di kota-kota besar karena keberadaannya yang terus menerus dan pembuangan yang sulit.  Sampah tersebut dapat berupa sampah organik yang mudah membusuk seperti sisa sayuran, daging, daun dll, sampah yang tidak bisa membusuk dalam waktu cepat seperti kertas, karet, kain dll juga sampah yang tidak dapat membusuk yaitu kaca, plastik dan logam.  Disamping itu juga terdapat sampah yang dapat berbahaya bagi kesehatan yaitu sampah yang berasal dari bahan-bahan kimia atau obat-obatan.

Khusus sampah yang dapat membusuk menghendaki kecepatan dalam pengumpulan dan pembuangannya karena pembusukannya mengahasilkan gas metan, panas dan H2S yang bersifat racun dan bau.  Penumpukan sampah jenis ini sangat mengganggu kesehatan masyarakat disekitarnya disamping tidak enak untuk dilihat.

Kenyataan yang ada saat ini adalah bahwa sampah sulit dikelola karena berbagai hal antara lain:
1.    Kecepatan perkembangan teknologi dan tingkat hidup masyarakat tidak diimbangi dengan kemampuan masyarakat untuk mengelola sampah.
2.    Makin sulitnya mendapatkan lahan sebagai tempat pembuangan akhir.
3.    Kebiasaan pengelolaan sampah yang tidak efisien dan ekonomis.
4.    Pembiayaan yang tidak memadai
5.    Kurangnya partisipasi masyarakat untuk terbiasa hidup sehat dan bersih.

Degra Simba ST adalah salah satu alternatif untuk pemecahan masalah tersebut di atas baik secara rumah tangga maupun secara kolektif oleh dinas kebersihan kota.

SEPTIC TANK

Masalah lain yang timbul di perkotaan adalah masalah limbah rumah tangga baik limbah dapur mapun limbah manusia (feces) yaitu penuhnya septik tank dalam waktu yang relatif singkat karena banyaknya pemakai, kecilnya ukuran septic tank dan mahalnya harga tanah.  Septic tank yang merupakan tempat penampungan bahan-bahan padat kotoran manusia (tinja) akan cepat penuh bila didalamnya tidak terjadi proses dekomposisi/penguraian oleh bakteri pengurai.  Jumlah bakteri pengurai dalam septic tank pada umumya sangat kurang dibanding dengan kecepatan penumpukannya sehingga perlu ditambahkan bakteri pengurai dari luar.

Penambahan mikroba ini sangat murah bila dibandingkan dengan biaya penyedotan atau pengurasan disamping praktis dan lebih aman.  Bakteri pengurai tersebut akan mengurai dengan sendirinya bahan-bahan padat yang ada pada septic tank menjadi air dan sebagian gas.  Air hasil penguaraian akan diresap oleh tanah sedang gasnya dapat dibuang melalui cerobong tanpa menimbulkan bau.

Perlu diperhatikan jarak septik tank yang berdekatan dengan sumber air minum dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti dysentri, cholera dan typus.  Dengan penambahan mikroba probiotik maka bakteri patogen penyebab disentri (Shigela shigae, Eschericia coli, Entamoeba histolitica),  Cholera (Vibrio cholerae, coliform lain) dan typus (Salmonella typhosa) dapat dikendalikan/dihilangkan.

Degra Simba ST merupakan satu-satunya cara yang murah, mudah dan aman untuk perawatan septik tank. Degra juga dapat diaplikasikan untuk limbah-limbah rumah sakit yang berupa :
1.    Limbah infeksius diantaranya exreta, spesimen laboratorium, bekas balutan, jaringan busuk dll.
2.    Limbah jaringan tubuh seperti sisa amputasi, plasenta dan sisa operasi
Masalah-masalah lain yang muncul diperkotaan adalah :
•    Selokan berbau karena penumpukan bahan-bahan organik sisa rumah tangga.
•    Limbah dapur restauran dan rumah makan serta hotel

DEGRA SIMBA ST
LEMBAR DATA KESELAMATAN BAHAN
(Material Safety Data Sheet)
Tanggal  : 1 Desember 2003
Degra SimbaST adalah mikroba probiotik yang digunakan untuk menguraikan bahan organik, menghilangkan bau, dan menekan bakteri patogen.

1.    IDENTIFIKASI PRODUK
Merek Dagang    :    Degra SimbaST
Kandungan    :    mikroba probiotik, terdiri dari:
    Bacillus
    Acetobacter
    Saccharomyces
    Lactobacillus
Fungsi    :
•    Mengatasi WC/Septic Tank penuh atau mampat.
•    Menghilangkan bau
•    Menjaga kualitas air sumur dekat WC/Septic-Tank
•    Membunuh kuman (dysentri, typhus, kholera, dll)

2.    DATA FISIK
Bentuk    :    Cairan
Isi    :    air, molase, beberapa strain khusus mikroba probiotik, dll.
Warna    :    Coklat kehitaman
PH    :    4-5
Aroma    :    Laktoasetat
Kemasan    :    Botol Plastik
Isi per botol    :    500 ml
Kapasitas guna    :    1 botol untuk 1 septic tank ukuran 3-4 m3

3.    EFEK SAMPING
Skin Contact    :    Tidak ada efek samping jika tersentuh kulit. Cukup dibasuh dengan air.
Terkena mata    :    Tidak ada efek samping. Tapi sebaiknya langsung dibasuh dengan air hingga bersih.
Terminum/ tertelan    :    Tidak ada efek samping. Hanya jika terminum dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan diare, karena mikroba probiotik yang ada di dalam Degra Simba menguraikan sisa makanan yang ada di dalam usus.
Terhirup    :    Tidak ada efek samping. Jika terhirup, segera mencari udara segar.

4.   TEKNIK PENYIMPANAN
•    Sebaiknya Degra SimbaST disimpan di tempat sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.
•    Hindari terlalu sering membuka Degra SimbaST
•    Apabila botol Degra SimbaST terbuka dan tidak ditutup rapat, maka cairan Degra SimbaST akan cepat membusuk karena terkena kontaminasi dari udara.

5.    PENGARUH LIMBAH PADA LINGKUNGAN
•    Degra SimbaST jika sudah busuk bisa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman.
•    Degra SimbaST yang sudah busuk tidak  berbahaya bagi lingkungan, hanya menyebarkan bau tidak sedap.

6.    INFORMASI TAMBAHAN
Degra SimbaST merupakan produk yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia.

7.    DIBUAT OLEH :  PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati Bandung

Catatan : Informasi ini dibuat berdasarkan data dari Laboratorium PPAU Ilmu Hayati ITB Bandung dan ditunjang oleh data dari sumber-sumber lain yang akurat serta berdasarkan uji coba di lapang yang selama ini telah dilakukan oleh PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati

artikel lainnya 7 kelebihan Degra Simba dari produk sejenis ?

Thursday 25 August 2016 | Berita

Degra Simba hadir sebagai salah satu pelopor cairan yang bisa mengatasi segala permasalahan yang biasanya menghantui…

Saturday 13 August 2016 | Berita

Tips merawat kolset & septic-tank. Kloset adalah tempat buang air besar, biasanya terbuat dari porselen dan dipasang…

Saturday 17 September 2016 | Berita

Salah satu pelopor cairan pembersih yang bisa mengatasi segala bentuk permasalahan dari sistem kloset atau saluran…

Friday 5 May 2017 | Berita

Mempercantik WC yang Sehat dan tidak Bau dengan Degra Simba.- Kesehatan lingkungan menjadi hal yang sangat…

Promo Hari Ini


**PROMO DEGRA SIMBA** Menampilkan tanggal sekarang Harga normal 1 botol Rp.45.000,-
Tapi apabila anda pesan hari ini:
Senin, 18 Desember 2017
Kami berikan harga Istimewa..!!!
1 botol cukup Rp.30.000,-
namun kalau anda beli 3 botol sekaligus, kami berikan harga menarik lagi
cuma Rp.85.000,-
Ayo buruan beli, sebelum harga naik.
Segera Hubungi:
Pak Najib, WA 085.643.514.892

Info Penting Degra Simba

* Berat 1 Botol 700 Gram
* Depkes RI PKD 20307500603
* Izin produksi & pemasaran:
No. 001/KM/HaKI-ITB/SPKLE/II/00
* Hasil analisa Lab KPP IH-ITB:
No. 0409/A/102/2000

Temukan juga kami di

Temukan juga kami di

Tamu Kami Hari Ini

Office, Jl. Jogja-Magelang Km.17 Margorejo Tempel Sleman Jogja
085643514892
085643514892
D6EEA095
085643514892